Kamis, 21 Januari 2021

Agar Tahan Lama, Yuk Ikuti Cara Mencuci Jersey Sepeda yang Benar Disini

Pastinya semua orang telah tahu jika kualitas barang yang dibeli memang ditunjukkan pada harganya. Hal ini pun termasuk ke dalam jersey sepeda. Yang mana untuk menunjang aktivitas dengan mobilitas tinggi, pakaian ini harus memiliki beberapa karakteristik utama. Demi menjaga kualitas, anda harus melakukan perawatan yang tepat terutama pada pencuciannya. Berikut caranya.

 

Cara Mencuci Jersey Para Bikers yang Benar
1. Mencucinya dalam Siklus Lembut
Sebetulnya, cara yang pertama ini bisa dilakukan untuk pencucian menggunakan mesin cuci maupun secara manual. Hanya saja, anda bisa memilih sesuai dengan selera. Sebagai contohnya saja, bila anda lebih memilih menggunakan mesin cuci maka atur ke mode Delicate. Mode tersebut ditujukan untuk pencucian berdurasi pendek dan lambat.


Kenapa harus mode lambat? Pasalnya, mode lebih berat dikhawatirkan akan merusak bahan kain pada pakaian para bikers ini. Namun, jika memilih mencuci secara manual jersey sepeda maka anda harus menguceknya dengan lembut. Pastikan setiap bagiannya dicuci secara perlahan. Hindari menggunakan sikat, agar gambar atau kainnya tidak cepat rusak.


2. Memisahkan Jersey dengan Baju Lainnya
Meski terdengar cukup remeh, namun hal satu ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Lantaran hal ini jika dilewatkan akan sangat merugikan. Untuk itu, alangkah baiknya jika tidak mencampur kaos bikers ini dengan pakaian biasa seperti jeans atau jaket tebal. Bila hal ini tidak dilakukan, dikhawatirkan akan merusak baju bikers yang dimiliki.


Bukan hanya itu saja, cara satu ini pun dilakukan untuk mencegah kemungkinan kaos khusus bikers akan terkena lunturan dari pakaian lainnya. Anda pun harus memisahkan antara pakaian bikers berwarna putih dengan lainnya. Hal ini mencegah warna menjadi kusam. Demi menjaga desain jersey sepeda, anda disarankan untuk mencucinya dalam keadaan terbalik.


3. Selalu Menutup Resleting Ketika Mencuci
Satu hal lagi yang terlihat sepele, tapi harus diperhatikan ketika mencucinya terlebih lagi menggunakan mesin cuci. Pastikan resleting atau zip pada pakaian bikers anda sudah tertutup dengan cara menariknya secara full hingga ke atas. Bila resleting tersebut dibiarkan terbuka dan gunakan mesin cuci, bisa menyebabkannya tersangkut dengan baju lainnya atau pada mesinnya.


Bahkan bukan hanya nyangkut saja, kain yang tersangkut tersebut pun bisa menimbulkan resiko robek atau rusak. Tentu anda tak ingin baju bikers kesayangan yang bagus rusak hanya karena keteledoran yang sepele satu ini, bukan? Jadi upayakan untuk selalu menutup resletingnya setiap akan mencucinya dengan cara membaliknya yakni sisi luar berada di dalam dan sebaliknya.


4. Hindari Gunakan Sabun Cuci dengan Pewangi
Bila biasanya mencuci baju lain seperti kemeja, kaos, atau lainnya menggunakan sabun cuci dengan pewangi atau parfum, berbeda dengan pakaian bikers. Pabrikannya pun telah memperingatkan dengan tidak menggunakan sabun cuci yang mengandung pewangi ataupun parfum ketika mencucinya. Lebih baik jika gunakan detergen biasa, terutama yang konsentrat bukan cair.


Detergen yang konsentrat pun tampak lebih lembut lantaran minim bahan aditif. Ketika menggunakan mesin cuci, pertama tama masukkan jersey sepeda ke dalam tabung lalu isi dengan air bersih. Bila sudah, baru masukkan detergen ke dalamnya. Cara semacam ini akan mencegah residu mengumpul yang mengakibatkan hilangnya kelembaban kainnya.


Memperhatikan berbagai cara mencuci yang telah dijelaskan diatas, sangatlah perlu. Hal ini tidak lain demi menjaga kenyamanan pakaian ketika dikenakan selama gowes. Bila beberapa cara diatas tidak diterapkan, bisa dipastikan kaos bikers kesayangan berkualitas tinggi anda akan cepat rusak dan kelembaban serta kenyamanannya hilang dalam sekejap.